Peluang bisnis beromset tinggi mulai dilirik oleh para pebisnis pemula. Tak sedikit anak muda yang mulai mengembangkan usaha mereka sendiri. Bahkan beberapa diantaranya masih berstatus mahasiswa saat memulai bisnis mereka. Pemerintah pun ternyata menyadari fenomena semacam ini, terutama guna meningkatkan perekonomian rakyat. Beragam usaha dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung usaha kecil menengah yang kreatif dan inovatif.

Baca juga : Online Digital Bisnis, Bisnis UKM Mudah Dan Menjanjikan

Usaha dari ide kreatif

Kreatif dan penuh inovasi memang menjadi kunci kesuksesan dari para pebisnis handal. Satu contoh yang cukup populer belakangan ini adalah ojek online. Jika dulu ojek hanya dipandang sebelah mata, sekarang tak demikian lagi. Ojek berbasis teknologi tersebut mampu merajai transportasi umum di masyarakat. Transportasi umum yang sediakala lekat dengan kesemrawutan, sekarang tidak begitu. Konsumen sudah bisa mengecek langsung pengemudi yang dipesan melalui telpon genggam.

Baca juga : Ini Dia 5 Info Peluang Bisnis Kuliner Rumahan Yang Bisa Anda Coba

Contoh peluang bisnis

Untuk Anda yang juga ingin memulai bisnis sendiri, ada baiknya lirik beberapa ide kreatif di sekitar Anda. Bisa jadi rezeki Anda berawal dari keluhan sekitar dan kian mendunia. Lalu apa sajakah ide yang mungkin bisa dicontoh sebagai peluang bisnis? Berikut beberapa diantaranya yang patut untuk dipertimbangkan.

  1. Jasa bersih keliling

Usaha yang satu ini paling banyak diburu oleh para ibu rumah tangga, terutama di masa liburan panjang. Terlebih di masa lebaran atau liburan natal dan tahun baru, umumnya para asisten rumah tangga meminta cuti. Mau tak mau para ibu rumah tangga harus mengerjakan semua pekerjaan bersih-bersih rumah sendiri. Belum lagi dengan tugas lainnya, seperti mencuci, masak, serta mengurus anak dan suami. Selain waktu yang tak mencukupi, tentu tenaga yang dibutuhkan tidak sedikit. Cobalah untuk menawarkan jasa bersih keliling dengan upah yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan.

  1. Bahan bakar alternatif

Kian langkanya bahan bakar minyak dan elpiji di beberapa daerah, kian meresahkan masyarakat. Tak ayal banyak orang yang mencoba mencari bahan bakar pengganti, termasuk pengganti elpiji. Untuk Anda yang paham dengan sains, usaha satu ini pasti menjadi idaman yang menjanjikan. Terlebih peluang bisnis semacam ini belum pernah ada dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Sebagai contoh, bahan bakar minyak bisa diganti dengan bahan bakar nabati yang lebih murah.

  1. Sayuran organik

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat ternyata disyukuri oleh beberapa pihak. Andapun bisa memanfaatkan peluang ini untuk menciptakan usaha sendiri yang mandiri. Menyediakan sayuran organik dan dipasarkan melalui online sangat membantu para ibu-ibu. Biasanya cara berbelanja ini diincar oleh wanita karir ataupun ibu rumah tangga yang sangat sibuk. Keterbatasan waktu yang dimiliki tidak memungkinkan mereka untuk berbelanja ke pasar secara langsung. Anda bisa membantu mereka dengan menyediakan sayuran segar organik yang siap diantar.

Baca juga : Peluang Bisnis Kuliner SIJIOn (Siap Saji Online)

  1. Jual beli barang bekas

Terdengar konyol memang, tetapi siapa sangka kalau hal inipun bisa dijadikan usaha bermodal kecil. Anda tentu seringkali menemukan orang-orang yang bingung dengan barang menumpuk di rumah. Apalagi bagi mereka yang ingin pindah ke rumah baru, biasanya barang lama ingin dibuang. Anda bisa membantu mereka untuk menjualnya kembali, tentu saja dengan harga yang rasional. Bila perlu, lakukan perbaikan pada beberapa barang untuk meningkatkan nilai jual produk. Tak perlu membuka toko tetap, cukup tawarkan melalui media sosial ataupun internet. Andapun bisa memanfaatkan promosi dari mulut ke mulut jika ingin memangkas biaya promosi peluang bisnis Anda.

Baca juga : Peluang Usaha StarUp Digital Dalam Dunia Periklanan