Panduan Membuat Digital Marketing Plan

Discussion in 'Digital marketing' started by rudi gunawan, Jun 4, 2018.

  1. rudi gunawan

    rudi gunawan Administrator Staff Member

    Pernah membuat digital marketing plan sebelumnya?
    Tahap awal sebelum Anda mengeksekusi dan menganalisis hasil digital marketing, langkah pertama yaitu membuat perencanaan. Perencanaan digital marketing yang sempurna akan membuat...
    Pernah membuat digital marketing plan sebelumnya?

    [​IMG]

    Tahap awal sebelum Anda mengeksekusi dan menganalisis hasil digital marketing, langkah pertama yaitu membuat perencanaan.

    Perencanaan digital marketing yang sempurna akan membuat laju bisnis dua kali lebih cepat tumbuh. Selain itu, menurut revenizer.combahwa perencanaan digital marketing akan membantu peningkatan revenue bagi perusahaan.

    Bagaimana membuat digital marketing plan yang baik?


    Cermati Marketing System Anda
    Di saat Anda menerapkan rencana digital marketing, biasakan mengenali tools analisis terlebih dulu. Hal ini dimaksudkan supaya Anda mampu memonitor perkembangan strategi digital marketingAnda.


    Setelah itu, buatlah skenario perjalanan visitor, mulai dari pengunjung biasa menjadi pelanggan produk atau service Anda.

    Umumnya, ada 3 skenario untuk mendorong pengunjung menjadi seorang customer, yaitu:

    • Traffic. Monitor trafik pengunjung situs Anda. Anda bisa mengetahui informasi ini menggunakan tools analytic, seperti Google Analytics. Cermati dari mana, siapa, dan apa saja yang dilakukan si pengunjung di dalam situs Anda. Selain itu, Anda pun bisa pula melihat kolom “Active Users” untuk melihat pengunjung yang sedang aktif di situs.
    • Contacts. Tambahkan elemen “pengoleksi” email di dalam situs Anda. Bisa berupa email subscriber atau form service inquiry. Pastikan call to action yang Anda buat sudah dalam keadaan berfungsi. Elemen ini sangat diperlukan supaya Anda tahu, mana pengunjung yang berpotensi sebagai konsumen dan mana yang tidak.
    • Customers. Setelah Anda berhasil mengoleksi email pengunjung tadi, ubah pengunjung menjadi customermembutuhkan beberapa strategi lagi, seperti content marketing. Proses ini akan dijelaskan di paragraf selanjutnya. Yang intinya, antara penawaran, target customer, dan waktu harus serasi.


    Temukan Best Customers dan Beri Penawaran
    Dari sekian banyak email dari pengunjung yang berhasil Anda koleksi, tidak semuanya bisa dikonversi menjadi customer. Bukan karena salah menyimpan email, tetapi lebih pada “penawaran” yang tidak pas buat mereka.

    Proses pembuatan content marketing yang tepat memiliki beberapa tahapan, yaitu:

    • Segments. Agar konten marketing sesuai target segmentasi Anda, maka kenali lebih dulu soal perilaku customer, demografinya, informasi mengenai bisnis Anda, dan kepribadian customer. Mudahnya, Anda bisa “mencuri” informasi demikian dari kompetitor. Namun, ada catatan. Pastikan bahwa peluang pertumbuhan dan ekspansi bisnis masih terbuka lebar meski sudah ada kompetitor.
    • Persona. Segala informasi “terdalam” calon customer Anda bisa terkuak dengan analisis persona. Persona merupakan representatif dari segmentasi customer yang sudah Anda buat. Informasi mengenai customer persona akan mampu memberi gambaran seperti apa profile customer. Mulai dari aktivitas, tujuan perilaku mereka, kemampuan, sikap, bahkan lingkungan yang bersentuhan dengan mereka.
    • Life cycle stage. Setelah mengetahui profil “nyata” dari customer, Anda butuh fokus dan konsistensi. Di tahap ini, Anda dituntun mampu menentukan “penawaran tepat dan dikirim pada waktu yang tepat”.
    • Jobs to be done. Sebuah rencana digital marketing dikatakan sukses apabila sudah mampu memenuhi kebutuhan customer. Pada proses “pemenuhan akan kebutuhan customer”, Anda perlu mengelompokkan customer ke dalam dua kategori yaitu sesuai goal setting Anda dan sesuai dengan profil customer(emosi, lingkungan sosial, dan kepribadian).


    Di tahap akhir, Anda masih bisa memberi sentuhan tambahan pada digital marketing Anda. Menumbuhkan bisnis melalui digital marketing terkait erat dengan konversi web visitors menjadi profitable customers. Website adalah elemen utama untuk melakukan itu. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa hal supaya digital marketing Anda menemui “akhir bahagia”, yaitu:

    • Gunakan paid advertising
    • Retargeting customer
    • Social advertising, dan
    • Adwords
    sumber : http://bisnisbisnis.id
     

Share This Page