4 langkah WAJIB dalam memulai sosial media marketing (part 3)

Discussion in 'Social Marketing' started by rudi gunawan, Jan 11, 2018.

  1. rudi gunawan

    rudi gunawan Administrator Staff Member

    #Linkedin

    Sosial media ini tempatnya profesional dan pebisnis bro, jadi wajar kalau eksistensinya di Indonesia itu masih belum se-terkenal platform lain.

    Tapi pada blog Linkedin sendiri bilang kalau pendapatannya di awal tahun 2016 ini meningkat loh sebanyak 35%. Itu artinya Linkedin terus berkembang sesuai fungsinya.

    Keuntungan:

    • Cari jaringan bisnis (kerja sama, karyawan baru) yang kuat dengan mudah
    • Buat profile company atau profile diri secara profesional
    • Bisa lebih menonjolkan diferensiasi dan keunggulan dibanding kompetitor
    Pakai Linkedin kalau Anda butuh jaringan bisnis, meningkatkan reputasi & kredibilitas brand secara profesional.


    # Path

    Saya rasa hampir semua anak muda Indonesia itu tau sosial media apa ini.

    Path terkenal banget di Indonesia, fiturnya juga cukup lengkap.

    Ya, meski semakin lama semakin pudar eksistensinya.

    Buat saat ini Path yang bersifat personal sharing belum tepat dijadiin sarana sosial media marketing.


    # Pinterest

    Mirip- mirip dengan Instagram, Pinterest juga sosial media untuk sharing foto.

    Keberadaannya sendiri di Indonesia kurang ‘sehebat’ Instagram buat narik hati masyarakat.

    Yang saya suka dari Pinterest sendiri adalah tempat mencari inspirasi dan fitus searchnya.

    Misalnya gini, saya iseng-iseng searching dengan kata ‘joke’, terus muncul semacam tag rekomendasi biar hasil pencarian saya lebih spesifik lagi.

    [​IMG]

    Disaat gua klik ‘For Kids’, maka pencarian gua menjadi 2 variabel yaitu ‘Jokes for Kids’, dan muncul tag lainnya, begitu seterusnya.

    [​IMG]

    Jadi menurut saya, sosial media ini cukup memberikan manfaat buat para marketing dan entrepreneur seperti berikut:

    • Trafik dan pangsa pasar yang baru
    • Analisa apa yang audience suka dari apa yang mereka pinned
    • Tingkat engagement juga tinggi (pinned & share)
    Pakai Pinterest kalau Anda mampu untuk membuat konten yang ‘pinnable’.

    [​IMG]
    Contoh Penggunaan Pinterest untuk Bisnis


    # Google+

    Sosial media ini dimiliki dan dioperasikan sendiri oleh Google.

    Yap, Google bro!

    Mesin pencari terbesar yang kita semua pakai hampir setiap hari.

    Gak cuma itu, berapa banyak dari kita yang punya Gmail? Berapa banyak dari kita yang pakai atau pernah pakai fitur Google Drive?

    Saya pribadi pakai itu semua dan sempet kepikiran kalau kehidupan saya gak jauh dari produknya Google.

    Dan Google+ ini gak cuma sekedar sosial media atau social networks, lebih dari itu bro!

    Meskipun Google+ ini bisa dibilang kalah populer dibanding sosial media lain, tapi kenyataannya ini produknya Google.

    Google suka kalau produknya kita pakai.

    Profil dari Google+ punya kemungkinan yang tinggi untuk terindex dengan mudah di mesin pencari Google, bahkan bisa muncul di ranking 10 besar untuk pencarian organik.

    Jadi ini sebagian kecil keuntungan Google+ buat bisnis:

    • Terintegrasi dengan banyak platforms
    • Eksis di mesin pencari Google dengan mudah
    • Pertumbuhannya cepat, semakin banyak +1 semakin cepat masuk ranking di mesin pencarian
    Pakai Google+, minimal buat lah profilenya aja.



    LANGKAH 3: Buat rencana dan strategi
    Setelah tau apa primary sosial media yang cocok buat bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi dan perencanaan.

    Lagi bro, saya membagi langkah ketiga ini jadi beberapa bagian:

    # Lanjutan dari analisis kompetitor (langkah 1)
    Setelah dari langkah 1 kita menganalisis siapa aja kompetitor kita dan gimana cara mereka ‘bermain’, sekarang saatnya kita buat strategi biar memenangkan persaingan bisnis.

    Hal yang terpenting adalah kita harus punya value lebih dibanding para kompetitor.

    Semakin tinggi dan kuat value tersebut, maka masyarakat juga semakin tertarik dengan produk & brand yang kita tawarkan.

    Ilustrasinya kaya gini:

    • Bapak A jualan bakso sapi.
      Value: halal, rasanya enak, harganya murah
    • Bapak B jualan bakso sapi juga.
      Value: halal, rasanya enak, harganya murah, bonus kikil dan sayur, gratis kerupuk, penyajiannya unik pakai batok kelapa, tempatnya nyaman dan kekinian.
    Siapa sih yang gak ngantri beli bakso di tempat Bapak B?

    Mungkin keluarganya Bapak A. [​IMG]

    Begitu juga di dunia digital marketing, kita harus punya value lebih buat bertahan bahkan bisa memenangkan persaingan.

    # Strategi membuat konten marketing
    In social media, content leads to conversation, conversations build relationships, and relationships result in ROI. Robert Caruso, Founder & CEO, Bundle Post @fondalo
    Apa itu konten marketing, bro?

    Nih saya mengutip dari Contenmarketinginstitute

    Konten marketing adalah proses bisnis dan pemasaran untuk membuat dan menyebarkan konten yang relevan dan bernilai, bertujuan untuk menarik perhatian, mendapatkan dan mengikat target audience.


    Sederhananya gini.

    Kita buat dan publish ‘sesuatu’ (baca: konten) dalam sosial media yang kita pakai, yang gunanya agar audiens semakin cinta sama brand kita.

    Nah itu dia gambaran konten marketing.

    Konten marketing dalam sosmed itu bisa berupa macam-macam bro, misalnya tweet, artikel, foto, tips singkat, video, kata – kata motivasi, infografis, komik, dan masih banyak lainnya.

    Ini contoh konten marketing punya Digitalinbro di Facebook.

    [​IMG]

    Pernah denger gak kalimat “Content is King”?

    Saya sendiri setuju dengan kalimat ini. Kenapa?

    Audiens gak peduli dengan Anda, bisnis Anda, brand Anda, produk yang Anda tawarkan.


    Mereka cuma peduli dengan diri mereka sendiri, apa yang mereka mau, apa yang mereka butuhkan, apa yang memberikan keuntungan buat mereka.

    Konten marketing lah yang membuat orang-orang menjadi tertarik, sehingga mereka peduli dan menaruh perhatian kepada brand Anda.



    Tarik perhatian audience bisnis dengan strategi konten marketing


    # Waktu posting harus tepat

    Nah ini juga penting bro meski keliatannya sepele, jangan sampai kita sudah membuat konten yang bagus dan menarik, tapi Anda publish kontennya jam 2 pagi disaat para audiens lagi enak-enaknya tidur.

    Di saat traffic sosial media kita lagi ramai, post konten!

    Terus, kapan waktu terbaik untuk post konten di sosial media?

    Di website A bilang kalau waktu terbaik post adalah hari Sabtu pukul 12-1 siang,


    Tapi di website B bilang kalau hari Senin-Kamis adalah waktu terbaik mulai pukul 1-3 siang,

    Ada lagi website C bilang kalo Kamis mulai pukul 7 pagi sampai 9 malam adalah waktu yang terbaik untuk post di Facebook.

    Sebenarnya gak ada yang pasti, kalau Anda searching di google, setiap sumber pasti berbeda hasilnya.

    Semua tergantung faktor berikut:

    #1. Platform sosial media yang dipakai
    #2. Daerah yang dituju
    #3. Tujuan (Like, klik, share, click to website)
    #4. Bagaimana audiens menggunakan platform tersebut (misalnya Instagram diakses dari smartphone)


    # Struktur tugas yang jelas

    Bagian ini adalah pembagian tugas untuk mengatur sosial media bisnis, jadi sangat disarankan bagi yang punya tim sendiri (terdiri dari beberapa orang).

    Tapi kalau misalnya hanya 1 orang yang jalanin semua sosial media marketing, tetap lebih baik dibuat biar tau apa aja tugas Anda dan bisa lebih fokus.

    [​IMG]

    Hal ini gak cuma berlaku buat social media marketing loh, tapi keseluruhan bisnis kita juga harus ada.



    LANGKAH 4: Action!
    Yap ini dia yang dinanti – nanti.

    Sebelumnya saya ucapkan selamat buat Anda yang sudah baca pelajaran ini dari awal, YES!

    Sekarang giliran Anda bro!

    Ayo lakukan dan terapkan 3 point diatas, karena kalau gak ada action gak bakal jadi 4 hal semuanya sia-sia.

    Tips dari saya jika Anda merasa berat buat melakukannya:

    Start from a small step, stay focused, be real, be you!

    Start from a small step, stay focused, be real, be you!


    Sudah paham kah dengan 4 langkah awal sosial media marketing ini?

    Ada yang kurang jelas? Atau ada saran dan kritik?
     

Share This Page