4 langkah WAJIB dalam memulai sosial media marketing (part 2)

Discussion in 'Social Marketing' started by rudi gunawan, Jan 11, 2018.

  1. rudi gunawan

    rudi gunawan Administrator Staff Member

    # Pilih Karakteristik atau Warna Bisnis
    Warna? “Bisnis saya warna ijo aja bro, soalnya saya suka warna ijo”

    Eits bukan itu maksud ane bos, haha.

    Untuk membangun bisnis yang bisa dikenali oleh masyarakat, maka bisnis kita itu harus punya karakter sendiri.

    Nah ini bisa diaplikasikan salah satunya pas kita lagi post konten di sosial media.

    Karakter bisnis misalnya seperti gaya bahasa, cara penyampaian dan isi konten.

    Caranya menentukan karakter atau warna bisnis ya kita harus paham betul dengan audiens yang dituju.

    Misalnya audience luaudiens Anda adalah ibu – ibu rumah tangga.

    Ya jangan pakai bahasa gaul buat anak muda.

    Contohnya ini:

    [​IMG]

    Garuda Indonesia punya gaya bahasa yang formal, audiencenya adalah orang kalangan menengah ke atas, usia dewasa, dll.

    [​IMG]

    Beda lagi sama Kaskus yang gaya bahasanya sedikit formal tapi santai.

    [​IMG]

    Atau yang kaya dagelan, bahasanya bener – bener santai dan gaul, jadi cocok sama audiensnya yang dominan anak muda dan gokil.

    Nah, Digitalinbro sendiri punya gaya bahasa yang gaul kaya gini karena audiencenya itu entrepreneur semangat, berani dan yang paling penting berjiwa muda.



    LANGKAH 2: Pilih sosial media yang paling cocok, terus fokus!
    Untuk memulai teknik sosial media marketing, pilih 1 platform sosial media aja yang paling efektif buat bisnis kita.

    Jadiin sebagai sosmed utama dan kita harus fokus ‘melihara’ sosmed itu.

    Apalagi kalau misalnya yang manajemen sosmednya itu cuma 1 orang doang, lebih baik 1 platform dan fokus dibanding banyak-banyak sosmed yang dipakai.

    Kecuali kalau ternyata kita punya tim sendiri yang khusus untuk ngurusin sosial media.

    Dan gak mengganggu tugas kita yang lain sebagai pengusaha, ya silahkan aja.

    Quality trumps quantity. Pick one or two social media platforms, and devote yourself to learning about them and using them well.” Joseph Cole, Content Writer


    “Terus gimana cara nentuin sosmed mana yang cocok buat bisnis gua bro?”
    Berdasarkan masing-masing platform, maka bahan pertimbangannya sebagai berikut :

    # Facebook
    [​IMG]

    Berdasarkan Zephoria yang dikutip dari Facebook (4/27/16), setiap bulan ada 1,65 milyar pengguna Facebook aktif dari seluruh dunia!

    Dahsyat sekali sodara – sodara.

    Pakai Facebook kalau Amda mau bangun reputasi dan loyalitas brand Anda.

    Keuntungan:

    • Segmentasi pasar luas banget, mulai dari anak bocah sampai orang tua pun hadir di Facebook
    • Pemasangan iklan di Facebook jadi efektif
    • Berbagi isi konten/post dengan batasan 63,206 karakter

    # Twitter

    Berdasarkan Digitaltrends (4/27/16), sosial media Twitter saat ini lagi mengecewakan untuk bidang periklanan. Sahamnya juga anjlok 13% dibanding social media besar lainnya.

    Emang sih sekarang sudah cukup banyak yang ninggalin Twitter, tapi masih tetap efektif kok kalo tujuannya untuk:

    • Memberikan kemudahan buat nyari info dan berita seputar brand kita
    • Komunikasi & respon dengan audience secara cepat
    Pakai Twitter kalau Anda suka sharing berita, informasi tentang bisnis Anda, promosi produk dan komunikasi secara cepat dengan audience.

    [​IMG]


    # Instagram

    Nah ini saya ambil dari eMarketer (2/22/16), berikut pertumbuhan Instagram di Amerika sampai tahun 2020.

    [​IMG]

    Di Indonesia khususnya, harus diakui kalau Instagram itu lagi nge-hits banget buat jualan online.

    Bahkan banyak toko-toko online sekarang yang cuma ngandelin Instagram buat pemasarannya.

    Keuntungan:

    • Dominasi dari pengguna mobile, sangat mudah diakses
    • Menurut Forrester, Instagram adalah rajanya engagement dibanding social media lain
    • Meningkatkan kepercayaan lebih kepada audience dengan menampilkan foto – foto produk Anda
    • Picture is worth a thousand words
    Pakai Instagram kalau Anda punya foto-foto konten yang menarik.

    “Konten yang menarik kaya apa sih bro?”

    Sekarang bandingin nih:

    [​IMG]

    Lebih layak yang mana coba bro?

    Kalau misalnya Anda mau beli vitamin, lebih percaya yang @herbalife atau yang ‘disamarkan’?

    Saya pribadi sih 100% pilih yang @herbalife dan akan follow akun tersebut daripada akun disamarkan.

    [​IMG]


    Baca juga: Sedikit Orang yang Tau: 16 Tips Rahasia Instagram untuk Melonjakkan Penjualan & Kualitas Bisnis

    lanjut part 3 bro
     

Share This Page