4 langkah WAJIB dalam memulai sosial media marketing (part 1)

Discussion in 'Social Marketing' started by rudi gunawan, Jan 11, 2018.

  1. rudi gunawan

    rudi gunawan Administrator Staff Member

    Apakah saat ini Anda ingin menggunakan sosial media untuk membangun pertumbuhan bisnis?
    Kalau gitu, Anda harus memahami terlebih dulu apa yang dimaksud dengan ‘membangun’.

    Membangun pertumbuhan bisnis itu bukan cuma sekedar jualan, duit, transfer, profit, dan sebagainya.

    Tapi juga memberikan nilai lebih pada bisnis tersebut.

    Keuntungannya?
    • Bisnis berjangka panjang (sustainable)
    • Punya citra yang baik + profesional di mata audience
    • Promosi jauh lebih efektif dan efisien
    • Bertahan bahkan menang dalam persaingan online
    • Dan tentunya, meningkatkan penjualan


    Bisnis bukan cuma sekedar menjual, tapi juga membangun.


    Gimana, tertarik bro?

    Sebelum masuk lebih dalam pahami langkah wajib ini dulu ya.

    4 langkah WAJIB dalam memulai sosial media marketing:
    LANGKAH 1: Identifikasi bisnis
    Maksudnya apa identifikasi bisnis?

    Sebelum berhadapan dengan audiens dan menawarkan produk, Anda harus benar-benar kenal dengan bisnis Anda sendiri.

    Bagian ini adalah salah satu cara membangun pondasi bisnis yang kuat.

    Biar lebih jelas, berikut adalah hal-hal yang harus diindentifikasi:

    # Tujuan
    Apa tujuan Anda menggunakan sosial media untuk perkembangan bisnis?

    Apa yang akan Anda lakukan dalam sosial media tersebut?

    Sebagai sarana customer service? Pemasaran produk? Promosi? Tempat katalog?

    Penggunaan dari sosial media untuk marketing bisnis harus punya tujuan yang kuat dan jelas.

    Contoh:

    Gunawan menggunakan sosial media marketing dengan tujuan utama yaitu membangun brand awareness, periklanan dan promosi.



    # Target market itu penting
    Maksudnya, Anda harus tau dengan jelas siapa target market yang akan dituju, siapa yang bakal jadi pelanggan kita.

    Identifikasi bagian ini sedetail mungkin.

    Jadi, siapa target market Anda?

    Salah satu menentukan target market adalah dengan menentukan buyer persona.

    “Apaan tuh buyer persona?”

    Buyer persona adalah profil individu atau kelompok secara detail yang menggambarkan atau mewakili segmen dari suatu pangsa pasar.


    Intinya gini…

    Untuk menentukan siapa buyer persona, maka Anda harus mengetahui mereka secara detail.

    Gunanya biar Anda paham karakteristik mereka itu gimana, latar belakangnya, apa kebutuhannya, keinginannya dan lain-lain.

    Sehingga strategi untuk mendekatkan diri kepada pelanggan juga lebih tepat.



    Bingung gimana cara menentukan target market untuk bisnis Anda?
    Ayo tentukan target market sekarang!


    # Analisis Kompetitor
    Dalam dunia digital, kita gak hanya bisa tau siapa aja kompetitor kita, tapi juga tau segala aktivitas yang mereka lakukan di sosial media.

    Apa yang mereka post, isinya tentang apa, jam berapa mereka update dan sebagainya.

    Bahkan kita bisa dapat ide dan buat strategi baru dengan menganalisis kompetitor.

    Sekarang tugas Anda adalah, cari 3-5 kompetitor di bidang bisnis Anda di setiap platform sosial media.
    Lalu, mulailah menganalisis dengan pertimbangan:

    #1. Apa aja platform sosial media yang mereka gunakan?
    #2. Berapa jumlah fans atau followers mereka?
    #3. Gimana frekuensi post mereka dalam sehari? (misal: Facebook 5 posts/hari, Twitter 15 tweets/hari)
    #4. Apa tipe konten yang mereka pakai? (misal: konten promosi, konten informasi, konten hard selling, dll)
    #5. Gimana cara mereka merespon pelanggannya?

    Pertanyaan bantuan itu kurang lebih akan membantu Anda dalam menentukan, ‘harus seperti apakah bisnis saya nanti agar dicintai masyarakat, khususnya di sosial media?’


    lanjut ke part 2 ya...
     

Share This Page