• admin posted an update in the group Group logo of Pengusaha Digital (Startup Digital)Pengusaha Digital (Startup Digital) 4 weeks ago

    Perhatian: Para Pemilik Startup Sebaiknya Hindari Hal Ini Saat Pitching
    akarta, Selular.ID – Para pemilik startup biasanya harus melakukan pitching untuk mendapatkan investor. Hal ini tentunya membutuhkan keahlian khusus dalam presentasi.

    Selain itu, ada beberapa hal juga yang harus diketahui oleh para pemilik startup agar tidak menemui kegagalan. Selular berusaha merangkum beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan pitching.

    Terlalu percaya diri

    Percaya diri memang sangat diperlukan, tetapi jika kepercayaan diri tersebut terlalu berlebihan dikhawatirkan bisa menjadi bumerang. Misalnya saja di hadapan investor anda mengatakan “Kami akan mengalahkan Google atau Facebook”. Kalimat tersebut akan terdengar sangat berlebihan karena kedua nama tersebut merupakan pemain utama di industrinya. Sampaikanlah informasi yang jelas dan masuk akal saat Anda mulai memperkenalkan produk atau layanan kepada investor.

    Meniru layanan lain

    Sebagai pemilik startup anda harus mempunyai ide yang orisinil untuk layanan yang akan anda hadirkan. Jangan katakan bahwa layanan yang anda hadirkan akan menjadi layanan lain yang sudah ada sebelumnya. Anda harus bisa menemukan inovasi, model bisnis baru yang memiliki potensi, dan hindari membuat produk atau layanan serupa yang telah hadir sebelumnya.

    Terlalu banyak pimpinan

    Jka anda ingin membangun startup, disarankan untuk punya satu Founder dan satu CEO saja Hal tersebut bisa membantu jalannya startup lebih efisien dan menghindari terlalu banyak pimpinan dalam startup. Meskipun masih jarang terjadi adanya lebih dari satu Founder dan co-CEO dalam sebuah startup saat ini, namun disarankan jika memang Anda membangun startup bersama dengan teman baiknya tentukan siapa saja Founder dan tetapkan satu CEO saja.